Wednesday, December 12, 2012

Persiapan Pindah ke Kuwait: Mengurus SIM Internasional

Mengurus SIM International dari Indonesia adalah salah satu cara agar dapat langsung mengendarai kendaraan di Kuwait. Apalagi mengingat proses pengurusan SIM yang lama dan tidak mudah di Kuwait dan transportasi tidak semudah di Jakarta seperti menyetop taxi yang lewat untuk pergi kemana2. Ditambah...saat ini Dhanny tidak dapat menyetir di Kuwait karena sim internationalnya tidak lagi berlaku ketika officially menjadi resident di sana (sudah lebih dari sebulan mengurus sim di Kuwait yg belum selesai2) maka agar mobil dari perusahaan dapat manfaatkan dan lebih convinient untuk bepergian di Kuwait saya segera mengurus sim international.

Memang once saya menjadi resident, otomatis sim internasional ini tidak berlaku.. semogaaa sim Kuwait Dhanny sudah jadi pada saat itu. Aamiin..

Saya memilih mengurus sendiri SIM internasional di Kapolresta MT Haryono, karena berdasarkan pengalaman Dhanny mengurus SIM internasional sendiri sangat mudah.

Begitu sampai di Kapolresta, saya segera menuju satu ruangan yang bertulisan Pengurusan SIM Internasional.

Persyaratan membuat SIM internasional adalah sbb:

1. Fotocopy KTP
2. Fotocopy Passport
3. Fotocopy SIM Indonesia
4. Materai Rp. 6000,-
5. Pasfoto 4 x 6 dengan warna latar belakang biru muda (dengan menggunakan blazer)
Note: Semua dokumen di atas dengan menunjukkan dokumen asli yang masih valid.

Karena semua dokumen yang saya bawa asli (alias lupa fotocopy) terpaksa saya meminta bantuan salah satu ob di sana untuk fotocopy dokumen di fotocopy terdekat (sayangnya tidak disediakan fotocopy di lingkungan Kapolresta). Sambil menunggu fotocopy dokumen saya tiba, saya minta ijin kepada Polisi yg mengurus SIM tersebut sekiranya bisa mengisi form terlebih dahulu. Wah tanggapannya ramah sekali, pengurusan SIM internasional dilayani dengan ramah, sigap dan cepat. Polisi2 tersebut segera mengizinkan saya untuk mengisi form, lalu melengkapi dokumen yang diperlukan saya  membayar Rp. 250.000,- untuk biaya administrasi SIM internasional yang berlaku 1 tahun.  Setelah itu petugas mempersilahkan saya ke meja lain untuk diambil foto dan sidik jari. Dan saya diperbolehkan menunggu di luar.

Tak sampai 10 menit, nama saya sudah dipanggil untuk penyerahan SIM internasional beserta Booklet tebal panduan berkendara di luar negeri.



Jumlah pendaftar SIM Internasional ini pun tidak terlalu banyak, ketika saya sampai cuma ada 3 pendaftar lainnya yang berbarengan mengurus. 

Sangat nyaman mengurus SIM Internasional sendiri, Semoga pelayanannya tetap terus dan semakin ditingkatkan lagi. 

3 comments:

Apotek Herbals said...

Terimakasih, Semoga Bermanfaat.

Obat Ejakulasi Dini Paling Mujarab said...

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

obat miom said...

fiosrachadh feumail
Tapadh leibh airson a 'mholaidh :-)
chruinneachadh de dhrogaichean gus faighinn seachad air tinneas myoma
=======================================================
obat miom

obat miom

obat miom

obat miom

obat miom
========================================================